Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Permasalahan yang sering dihadapi oleh para pengguna PC ataupun Laptop adalah PC yang cepat panas atau kadang mati sendiri. Kemarin saya disuruh mengecek mengapa komputer Laptop seorang dosen tiba tiba mati. Memang tersangkanya adalah Panas dari Laptop. 

Berapa panas yang wajar dari laptop atau PC? Yang ideal adalah suhu ruang AC atau minimal suhu ruang normal (sekitar 27 C sampai 30 C). Namun pada kenyataannya sangat susah mendapatkan suhu seperti itu, Wajarnya sebuah CPU /Motherbard mempunyai panas antara 40C sampai 50C. Jika PC atau Laptop sudah lebih tinggi dari 50C ada beberapa kemungkinan, kemungkinan utama adalah Casing/Laptop Kotor sehingga menghamnbat aliran udara dan putaran kipas dan yang kedua Kipas CPU lambat atau mati.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara melihat Suhu prosesor dan Motherboard? Cara sederhana adalah gunakan HWMonitor yang bisa anda download http://www.cpuid.com/softwares/hwmonitor.html. HW Monitor adalah freeware yang dibuat oleh para developer CPUID. Bagi yang belum tahu, CPUID adalah tool untuk mendeteksi semua fitur CPU. 

Memonitor Suhu dengan  HWMonitor


Yang menarik dari HWMonitor adalah bisa mengukur Kapitas Bateri saat Design, Saat Full Charge dan kapasitas saat ini. Hal ini sangat bermanfaat jika misalkan kita mau beli laptop second terus penjual bilang bahwa laptop masih bagus, baterai masih tahan lama dan segudang bahasa promosi lainnya.

Nah Kamu cukup lihat Perbedaan Designed Capacity dan Full Charge Capacity. Semakin kecil selisihnya semakin bagus. Design Capacity sendiri adalah kemampuan Baterei saat Laptop Masih GRESS baru dibeli sedangkan FUll Charge Capacity adalah kemampuan batere saat ini. 

Cara menurunkan Panas prosesor

Cara menurunkan suhu prosesor adalah dengan membersihkan kasing CPU dari debu, mengganti Kipas CPU dan menambahkan termal Paste diatas Prosesor. Jika anda malas atau tidak bisa maka ada cara yang lebih mudah, cukup atur Power manajemen. Caranya :
  1. Buka Control Panel -> Pilih Power Option 
  2. Pilih Change seting, lalu pilih Change advanced Power Setting
  3. Pilih Maximum prosesor dan isi dibawah 100% misalkan 80%. 

Point 3 intnya mengurangi kemampuan kerja prosesor. Semakin rendah semakin rendah Suhu Prosesornya. Namun itu juga berarti komputer anda terasa lambat saat membuka banyak program atau bermain Game 3D. Semua tergantung kebijakan anda. 80% itu cukup moderate, sekarang mari kita perhitungkan misalkan kecepatan prosesor 2GHz dan kita turunkan kemampuannya menjadi 80% berarti kecepatan prosesor sekarang Maximal 1.6GHz, tidak terlalu jauhkan? 

Catatan tambahan, cara iini bukan berarti menggantikan cara perawatan secara fisik yaitu membersihkan debu, mengganti kipas atau menambahkan termal paste di Prosesor. Jika cara di point 3 tidak mempan, alangkah baiknya anda datang ke service center. 



Komentar

Channel Saya mengatakan…
oh nice bro, tapi sarankan juga menambah kipas fan di cpu
ditunggu kunjungan baliknya
Rahmat Ivan Noprizal mengatakan…
maksih infonya sangat membantu
My blog
yogyogi mengatakan…
Suhu laptop saya juga sMa kyk gambar di atas 45-60, itu normal tidak

Postingan populer dari blog ini

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page