Layanan dan Fitur Baru Google

Google tidak henti hentinya melakukan inovasi. Kemarin, pada event tahunan google IO Ada beberapa layanan dasar yang diperbaharui yang akan berefek pada bagaimana kita berinterkasi dengan Google. Semua fitur ini ditargetkan untuk pemakai akhir. Fitur yang ditujukan bagi programmer atau developer tidak akan saya bahas disini.


1. Conversation Search
Pada tahun lalu, Google now hadir di Android Jellybean 4.1. Sayangnya fitur yang mirip Siri di iPhone ini sangat sedikit yang memakai karena gadget dengan versi 4.1 masih sedikit. Sekarang, kita bisa menikmati Google now lewat Browser Chrome. Anda bisa melakukan pencarian hanya dengan beranya lewat microphone dengan awalan :" Ok Google". Contoh, ingin melihat peta Yogyakarta. Anda cukup mengatakan : Ok, Google, Show me map of yogyakarta".

2. Tampilan Baru Google map. 
Google map saat ini memilikia puluhan fitur yang ditanamkan didalamnya. Google map juga merupakan peta terakurat diantara layanan sejenis seperti Bing map atau iOS Map. Google lagi lagi menawarkan layanan baru dengan berbagai kemudahan yang bisa anda lihat di video ini. Sayangnya tampilan map yan baru masih preview dan para pengguna yang ingin mencobanya harus mendaftar terlebih dahulu. Pingin lihat fitur apa saja yang baru? Cek video ini




3. Google+ 
Google+  memberikan puluhan itur baru, namun secara umum bisa dikelompokan menjadi 3 bagian yaitu stream, hangout dan Photo.
Stream
Stream adalah tampilan update seperti facebook atau twiter. Jika twitter dan Facebook hanya menampilkan data berdasarkan urutan updatenya atau berdasarkan populeritasnya, maka Google bekerja lebih jauh yaitu dengan manawarkan kedalaman konent. Contohnya anda sedang melihat menara eifel paris. Anda bisa melihat gambar menara efeil lain hanya denan menklik hashtagnya.

Hangout
Hangout adalah unifikasi semua bentuk komunikasi google yang ada. Dulu , kita mendengar ada Google talk, GMail Chat, Gmail Video call, Google Hangout dan Google+ Messenger. Sekarang semua fitur diatas dijadikan satu dengan brand Hangout. Hangout di android sendiri sekarang menjadi aplikasi yang berdiri sendiri. Hangout adalah jawaban Google dari banyaknya tawaran Mobile Messenger seperti Line,Whatsup atau IMessage dari Apple.

Photo+
Google menyadari bahwa kebanyakan pengguna Google+ adalah para photografer (dari yang amatir sampai yang profesional). Melihat trend ini, Google menambahkan puluhan fitur untuk mengautomatisasi photo agar tampak lebih cerah, baik dan tampil sempurna. Fitur ini bisa disamakan dengan Photosop instant .


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page