Sabtu, 23 Maret 2013

Panduan Berinteraksi diSosial Media

Tiga layanan jejaring social yang paling populer di internet adalah Google+, Facebook dan Twitter. Sayangnya, banyak para pengguna y ang memanfaatkan 3 layanan ini asal asalan. Layanan diatas punya fitur yang sudah sangat jelas, namun tetap aja banyak para penggunanya asal posting, komentar tidak pantas atau malah yang paling nyebelin adalah nyepam. Oh ada yang super nyebelin :" Follow back ya!". Ok, mari kita lihat tips untuk masing masing jejaring social diatas agar anda bisa memanfaatkan layanan dengan benar dan tidak bikin orang lain merasa tertanggu karena interaksi yang berlebihan (lebay) atau interaksi yang justru menghancurkan hubungan pertemanan.

Panduan akan ditulis dengan contoh kasus sehingga anda lebih paham, ketimbang dalam bentuk tulisan formal.

Google+ 
Google+

  1. Wah, ini teman SMA Ku nih?  Aksi:  tambah ke lingkaran SMA 
  2. wah ini orang updatenya bermanfaat banget, Aksi : Tambah ke lingkaran
  3. Wah, updatenya bagus nih, aq suka banget ==> +1 
  4. wah, keknya teman temen di lingkaranku perlu tahu info ini nih -> Share!
  5. wah keknya semua orang perlu tahu iinfo ini -> Public share
  6. wah ini orang updatenya sernonok banget sih ? -> report post 


 Facebook 


  1. Wah, foto masa SMA bareng temen temen nih -> Tag teman 
  2. wah , update statusnya menarik/lucu/bermanfaat/inspiratif -> LIKE
  3. wah, aq GA setuju nih sama updatenya si A:-> Komentar 
  4. Wah, informasinya bermanfaat nih, teman2ku harus tahu-> Share 
  5. Ih, nih orang bentar bentar udpate sih, lebay banget-> hapus centang di "show in newsfeed"
  6. Ini siapa ya? kenalan kapan ya ? keknya ga kenal? -> unfriend 
  7. wah ini ternyata temanku -> Add as friends
  8. ih, nih orang suka ganggu banget sih -> Blokir 
  9. waduh, salah komen nih -> edit komentar
  10. Apaan nih orang main tag nama gue di produk -> Untag 

Twitter 

  1. Wah, ini tokoh/artis/idola gue nih ! -> Follow 
  2. Wah, nih orang tweetnya nyepam mulu -> unfollow
  3. Wah, tweetnya menarik, bermanfaat, inspiratif , Gue simpan ah -> Favorit
  4. wah, tweetnya menarik nih, kasih tau follower gue, pasti mereka suka -> retweet
  5. Wah, info tweetnya kurang jelas, aq tanya aja deh biar lebih jelas -> Reply 
  6. wah, ini orang  @mention gue nih , balas ah !-> reply 
  7. wah ini orang, dari kemarin sensi banget ma gue, updatenya mojokin gue mulu -> DM (direct Message)
  8. wah nih orang tweetnya menyesatkan/sepam/kasar/vulrag/jorok -> report/laporkan!

Yup, itulah panduan singkat cara menggunakan social media dengan benar. Semoga bermanfaat bagi anda yang sukanya asal ngelike, nyepam, atau ngetag sembarangan. Ingat bro/sis, informasi yang kita konsumsi sudah terlalu banyak, jadi tolong jangan nyepam atau lebay di social media, sayang internetnya, makin banyak timbunan sampah. Cukup update/tweet seperlunya, ga usah tiap menit ya! cukup like yang kamu suka, jangan jadi penjilat yang semunya serba dilike. 

0 Komentar: