Minggu, 24 Februari 2013

Dari Browser menjadi Sistem Operasi

Masih ingat akhir tahun 2000-an dimana Microsoft dikritik karena telah membundel Internet ekplorer dengan   windows yang berakibat bangkrutnya Netscape? Sekarang kondisi sudah berbalik, yang terjadi sekarang, Browser membundel sistem operasi didalamnya. Dua contohnya adalah Browser Google Chrome yang menjelma menjadi Google Chrome OS dan Firefox yang berubah menjadi sistem operasi smartphone dengan nama Firefox OS. 

Chrome OS 
Chrome OS adalah sistem operasi dari Google yang bersifat open source. Perbedaan mendasar antara OS ini dengan OS yang lain adalah, semua aplikasinya adalah aplikasi web. Sebagai contoh, untuk Office menggunakan Google docs, Email dengan Gmail dan sebagainya.

Chrome OS semula didesain untuk pengguna yang lebih banyak memakai internet ketimbang bekerja dengan sofware yang terinstall di PC. Namun saat ini, Chrome OS berusaha menjadi sistem operasi utama bahkan pengguna yang jarang online. Loh kok bisa? Iya, sekarang banyak aplikasi web yang didesain bekerja secara Offline.

Sayangnya, jika anda ingin mencoba ChromeOS anda harus membeli Chromebook.Chromebook adalah notebook yang sudah terinstall chrome OS didalamnya. Namun, jika anda sehari hari sudah memakai Chrome Browser, sebenarnya tidak jauh berbeda. Seandainya anda ingin mencoba ChromeOS tanpa harus membeli Chromebook, silahkan download ISO non officialnya disini

Video tentang Chrome OS bisa dilihat dibawah ini




Firefox OS 
Firefox OS adalah sistem operasi Mobile unuk smartphone. Sampai saat ini, memang belum ada HP yang sudah menggunakan OS ini, namun kemungkinan besar, akhir tahun ini akan ada produk Firefox OS dipasar.
Smartphone pertama akan diproduksi oleh ZTE.

Tampilan dari Firefox OS bisa anda lihat di video dibawah ini

0 Komentar: