Perbandingan Layanan Penyimpan File Online

Layanan media penyimpan online sudah terlalu banyak, namun, seandainya disuruh memilih layanan mana yang terbaik itu bukanlah hal yang mudah. Dalam artikel kali ini saya akan membahas 7 layanan penyimpan file yang patut anda coba

Google Drive

Google drive adalah layanan penyimpan file online yang disediakan oleh Google. Layanan ini memberikan ruang penyimpan sebesar 5GB. Google drive juga sudah terintegrasi dengan Google Docs untuk mengedit atau membuat file dokument, spreadsheet atau presentasi.

Google Drive juga sudah terintegrasi dengan GMail Aplikasi pihak ketiga seperti lucidcart serta Sistem operasi Google Chrome OS untuk netbook. Client Google Drive tersedia untuk Windows, OSX, iOS dan Android.

Sejak pertama kali Google drive muncul, saya sudah suka dengan layanan ini. Hal yang paling saya suka adalah karena kita tidak perlu membuat akun baru, cukup menggunakan GMail Account, maka otomatis anda mempunyai akun Google Drive. Lebih lanjut bisa anda baca di sini

Microsoft SkyDrive 


jika Google Drive dibuat oleh Google, maka skydrive adalah layanan yang sama dari Microsoft. Layanan ini memberikan ruang penyimpan sebesar 7GB. Selain itu, SkyDrive juga sudah terintegrasi dengan Hotmail dan Microsoft Office Online. Dengan SkyDrive anda bisa membuat dokumen word, Excel atau power point dimanapun anda berada tanpa harus membayar lisesensi. Cukup koneksi internet dan sebuah browser.

SkyDrive rencananya akan di integrasikan di Windows 8 baik untuk versi desktop, tablet atau phone.Client SkyDrive tersedia juga untuk Windows, Mac, iOS, Android dan Windows Phone. Untuk bisa memanfaatkan layanan ini, anda cukup membuat Hotmail Akun. Info lebih lanjut bisa anda baca disini

Amazon Cloud Drive 



Layanan media penyimpan dari Amazon. Total space free sebesar 5GB. Sejauh ini fiturnya biasa saja tidak banyak. Salah satu fungsi dari Cloid Drive digunakan untuk menyimpan Lagu yang anda beli di Amazon. Lalu dengan Cloud Drive, anda bisa memainkannya lewat Amazon Cloud player berbasis Web atau menggunakan client di Windows, OSX, iOS atau Android.

Ubuntu One


Ubuntu one adalah layanan cloud storage dari Ubuntu. Secara default ubuntu One terintegrasi dengan Ubuntu versi 9.04 keatas. Space yang disediakan sebesar 5GB. Keunggulan yang lain, Ubuntu Storage juga bisa diakses lewat Android, iOS bahwkan Windows.


Box

box adalah layanan cloud storage yang cukup mumpuni. Salah satu hal yang paling saya suka adalah fitur previewnya. Anda bisa mempreview PDF, Slide, Image, Sound dan Video. Bukan itu saja, Dropbox membolehkan kita berbagi file atau menempelkan isi file ke Blog.

Saya sendiri memakai Box untuk menyimpan file Mp3 dan mempublisnya di blog. User tidak perlu download untuk mendengarkan mp3 tersebut, cukup dengan Streaming. Selain itu, Box juga mencatat penggunaan Bandwidht yang dipakai dan berapa kali file telah diakses oleh user.

4Shared.com

4shared menyediakan 15GB free untuk menyimpan file. ukuran ini 3x lipat lebih besar dari rata rata layanan cloud storage lainnya. biasanya saya memanfaakan layanan ini untuk menyebar file, ebook, software atau file yang bermanfaat bagi orang lain. Kenyataanya, 4shared lebih populer di sebut sebagai Free File Sharing service. 4Shared sering dikritik oleh para pemilik hak cipta karena banyaknya file bajakan berupa ebook, mp3 dan software bajakan yang ada di layanan ini.

Layanan ini sudah terintegrasi dengan Google, Facebook dan Twitter akun. keunikan dari 4shared ada pada tampilan pengelolaan filenya dibuat semirip mungkin dengan tampilan Windows Explorer windows XP. Sejauh ini, 4shared adalah salah satu situs yang paling banyak diakses di indonesia. Maka jangan heran jika layanan ini juga menggunakan bahasa indonesia saat diakses.


DropBox



Dropbox merupakan rajanya sinkronisasi file. Dropbox bukan hanya sekedar menyimpan file anda diinternet, namun secara magic juga akan mensinkronisasikan file anda disemua perangkat yang terhubung. Sebagai contoh, anda sedang berwisata dan anda mengambil foto suatu tempat lalu anda menyimpannya di dropbox. saat dalam perjalanan pulang, Smartphone anda hilang, tapi tenang saja, file anda tidak akan hilang karena bahkan lebih dari itu, saat anda membuka folder dropbox di komputer anda, secara magic file itu sudah berada disana. Dropbox menghilangkan konsep download dan uplaod berbasis web. lebih jelas tentang dropbox bisa ana baca disini. Sejak kemunculan dropbox, semua layanan lain berusaha mengikuti, termasuk Google Drive dan iCloud.

Mungkin anda heran, kenapa layanan iCloud yang populer itu tidak masuk ke daftar? Alasannya simple, pertama karena iCloud bukan produk revolusioner, tapi project yang mencontek dropbox. yang kedua, saya benci dengan segala produk yang berbasis apple, lebih benci lagi kepada para dedengkot di Apple inc yang menganggap produk mereka revelusioner. Padahal idenya mengambil dai produk lain seperti dropbox.

Yang lebih bikin saya benci, segala hal yang mirip dengan produk dan layanan apple langsung dituntut, seperti samsung untuk perkara paten yang sangat simple semisal rounded corner di produk iPad. jadi silahkan pilih layanan favorit anda diatas. OK!





Komentar

Pos populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page