Fitur Google+ Yang ditiru Facebook

Sejak Google+ diperkenalkan setahun yang lalu, Google sudah mengenalkan berbagai macam fitur canggih dan Killer yang selangkah lebih maju dibanding Jejaring social lain. Saat ini Google+ mempunyai 250 juta pengguna. Walaupun Facebook masih jadi Rajanya Jejaring social, namun Google+ mengalami pertumbuhan yang signifikan. Google+ hanya butuh 1 tahun untuk mencapai 250 juta pengguna sedangkan Facebook membutuhkan waktu beberapa tahun lebih dari 3 tahun untuk mendapatkan user dengan jumlah yang sama.

Hal yang paling penting dari Google+ adalah tidak berusaha meniru fitur yang ada di Facebook, namun mengembangkan fitur yang baru dan berbeda sekaligus menambahkan fitur yang menjadi kekurangan di Facebook. Itulah mengapa Facebook terus 'mengawasi' pergerakan Google+ dan menambahkan atau meniru fitur yang ada di Google+. Pingin tahu fitur Google+ yang ditiru Facebook? Cekidot gan!

Operator Plus (+)
Sejak hari pertama Google+ dirilis, Operator plus sudah diperkenalkan. Operator ini fungsinya sama dengan operator (@) yang lebih dahulu di populerkan oleh Twitter. Fungsi utama dari operator ini adalah menandai orang saat update atau dipakai saat melakukan pencarian.

+facebook


Komentar Foto 
Dulu, komentar foto Facebook ada dibawah sehingga menyulitkan pengunjung saat membaca komentar, apalagi pas komentarnya banyak. Fitur ini muncul setelah Google+ menampilkan komentar disamping foto yang memudahkan user memberi atau membaca komentar dengan tetap melihat gambar.

Komentar samping foto yang meniru G+

Edit Komentar
Fitur facebook  ini baru ada baru baru ini (yang saya rasakan baru sekitar 1 bulan) , Dulu kalau kita salah menulis komentar di Facebook, kita menghapus komentar lama dan menulis komentar baru. Fiur Edit komentar sudah ada sejak hari pertama di Google+.

Video Chat 

Hangout di Google+ benar benar fitur killer yang mendefinisikan ulang arti komunikasi. Hangout adalah komunikasi 'video konferensi' sampai maksimal 10 orang. Saat ini, Video Chat di facebook hanya bisa Face to face, teknologinya pun 'meminjam' teknologi skype.

Kalendar Event
Google+ mempunyai Fitur membuat event yang langsung terintegrasi dengan Google Calendar. Walaupun Fitur event di Google+ masih baru, namun Google Calendar merupakan layanan Google yang sudah ada sejak bartahun tahun. Faebook baru bulan ini menambahkan Event kalendar kedalam layanannya


Facebook Like +Share
 Facebook like dan share sudah ada sejak bertahun tahun, namun kekurangannya, anda harus memasang dua tombol ini disetiap artikel di blog atau website anda. Google+ hanya menggunakan tombol G+1 yang mempunyai fungsi 'like' sekaligus Share. Keuntungannya bagi yang punya web jelas mengurangi kerumitan sekaligus memudahkan user apakah hanya ingin 'like' atau ingin share cukup dari satu tombol. Baru baru ini, Facebook menyatakan akan menghilangkan Facebook Share dan fokus ke Like yang jika di klik juga bisa menshare sekaligus.

Nah, kita lihat kedepannya Fitur Apalagi yang akan di tiru Facebook dari Google+.



Komentar

Pos populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page