Perusahaan yang diBeli Oleh Facebook

Facebook sudah menjadi perusahaan besar dunia saat ini. Dari tahun ketahun fitur facebook juga terus bertambah. Fitur yang ditambahkan oleh Facebook tidak semuanya dibangun dari awal , namun dari 'membeli' produk atau layanan dan 'memboyong' para pembuatnya ke Facebook.

Sampai saat ini, facebook sudah membeli lebih dari 30 perusahaan di bidang IT untuk meningkatkan atau menambahkan fitur di Facebook. Dari 30-an perusahaan yang diambil alih (bahasa kerennya di akuisisi) ada lima perusahaan yang cukup mencolok terutama bagi pengguna internet. 

FriendFeed

Friendfeed adalah layanan di internet yang menyatukan seluruh update dari teman teman kita. Sebagai contoh anda punya teman namanya ani dan buny. Si ani punya 3 blog, twitter akun dan Flickr, si buny punya facebook account dan twitter. Nah anda ingin melihat seluruh update teman anda tersebut dari satu tempat, entah teman anda ngetweet lah, posting artikel baru diblog, atau update status di facebook semuanya akan disajikan disatu tempat. 

Sayangnya sejak FB membeli friendfeed, layanan ini sudah tidak dikembangkan lagi. Di Facebook, tim friendfeed bertugas membuat 'realtime search' dan 'realtime stream update'. Sekarang anda cukup mengetikan awalan nama teman anda, facebook langsung menunjukan hasilnya bukan? Nah itu kerja dari tim Friendfeed. 

snaptu
Snaptu adalah perusahaan yang membuat aplikasi mobile dengan nama yang sama. Dengan satu aplikasi ini, anda bisa mengakses twitter, facebook , newsfeed, picassa, flickr dan beberapa layanan social lainnya. Snaptu menjadi populer karena bisa berjalan di feature phone. Artinya anda tidak perlu beli HP mahal untuk mengakses layanannya. 

Sejak diambil alih facebook, Snaptu sudah tidak dikembangkan lagi dan servernya pun ditutup. Sekarang tim snaptu bekerja untuk menangani Facebook Mobile.



Drop.io adalah layanan filesharing seperti rapidshare atau megaupload. Perbedaan mendasar dari layanan lain, untuk upload file drop IO, user tidak perlu mendaftar. Saat ini drop.io sudah tidak aktif lagi. 

Sekarang, tim drop.io bekerja untuk membuat layanan upload file yang terintegrasi ke facebook. Hal yang paling nampak adalah di 'Message' dan file upload di Group. Anda bisa melampirkan sembarang file ke pesan yang akan anda kirim atau yang akan anda upload ke group anda. 


Gowalla

Gowalla adalah layanan jejaring social yang fokus ke 'check in'. Setiap user melakukan Check in, Gowalla akan memberikan 'Award'. Konsep award di jejaring social atau  website sekarang sedang ngtrend dengan istilah gamifikasi. Dulu, saingan gowalla adalah foursquare yang mempunyai fitur dasar yang sama. 

Sejak diambil alih facebook, Gowalla sudah tidak bisa diakses lagi. Sekarang tim gowalla menangani fitur 'check in' di Facebook. 



Instagram adalah jejaring social yang sifatnya ekslusif. Jejaring social hanya tersedia di iPhone dan Android. Instagram fokus ke sharing Gambar, namun berbeda dengan flickr atau picassa. Instagram menyediakan efek   foto yang sangat mudah dipakai. 

Saat ini, instagram tetap menjadi produk terpisah dan belum nampak integrasinya dengan facebook. Kemungkinan terbesar, fitur filter foto di instagram akan di implementasikan di 'Foto editor' di Facebook. Kita tunggu saja.

Kesimpulan 
Sejak era web 2.0 booming dan jejaring social dengan berbagai macam jenisnya muncul, intenet terlalu ramai  . Saya senang ketika sebuah perusahaan IT memakan perusahaan yang lain. Dengan seperti ini, maka internet tidak dipenuhi dengan berbagai layanan yang mirip dan user tidak perlu mengingat banyak akun.  Kita tunggu saja gebrakan Facebook berikutnya. Kira kira siapa ya yang mau dimakan? :)


Komentar

Pos populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page