Perlukah Memasang Tombol G+ di Blog?

Tiga jejaring social yang paling populer adalah Facebook, Twitter dan Google+. Google+ adalah jejaring social yang dibuat oleh Google, sayangnya Google+ terasa sepi, kurang dari 10% temanku di Facebook yang ada disana, selain itu, update status yang berarti juga jarang di lakukan.

Selain sebagai Jejaring sosial, G+ juga menyediakan tombol +1 button yang fungsinya sama dengan Facebook Like. Sayangnya respon website dan user sangat minim. Mari kita lihat contoh website yang memasang FB like, Tombol Twitter dan G+ .

9gag.com
9gag adalah website 'just for fun' yang berisi gambar atau postingan lucu yang dikomentari oleh user lain. Postingan di 9gag.com 99% adalah humor dan meme. Sebagai contoh salah satu posting yang cukup populer di 9gag adalah Scumbag brain and Good guy uranus. Di postingan ini lihat berapa yang menekan tombol tweet, like,share dan G+.

perbandingan count share/tweet/like di 9gag
Bandingkan G+1 dengan Tweet.  G+ kurang dari 1/4 total user yang mentweet. Bandingkan antara G+ dan Facebook like? 64.000 Like dibanding 229 G+? sekitar 280 kali lebih banyak dari G+. Seandainya FBshare  ditambah Facebook like, Totalnya lebih dari 110.000 sharing di facebook. Tombol Google+ digadang gadang oleh Google akan berimbas pada mesin pencarinya, namun walaupun demikian, efeknya sangat kecil.

ThenextWeb


TheNextWeb adalah website berita IT. Seperti website lain, disini juga dipasang tombol share. Lihat salah satu aratikel yang populer di website tersebut dan mari kita bandingkan efek tombol jejaring socialnya.Artikel nya Berita tentang Google Chrome.

Share button FB 110, G+ cuma 51
Bahkan untuk berita yang berhubungan dengan Google, Twitter dan Facebook tetap lebih banyak efeknya dibanding G+.

Sekarang, coba anda cek website favorit anda? apakah memang G+ selalu kalah dibanding Facebook atau twitter. Saat ini, saya tetap mamasang G+ disamping Facebook Like dan Twitter  walaupun efeknya tidak terasa. Anggap saja tombol hiburan. Siapa tahu dimasa akan bermanfaat dimasa mendatang. ! saya fan google, namun untuk G+ sejauh ini bukanlah produk dan layanan yang diterima user dan belum nampak keberhasilannya.  kita harus mengakui bahwa Facebook Like dan tweet button lebih disukai user ketimbang tombol G+.

Komentar

Pos populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page