Senin, 26 Maret 2012

Membersihkan Windows dari File Sampah


Windows yang terinstall di komputer anda tidak beda dengan rumah anda yang butuh perawatan. Jika rumah anda harus dibersihkan maka Windows juga demikian. Manfaatnya jelas Rumah yang dibersihkan akan terlihat cantik dan rapih. Kalau Windows di bersihkan bukan hanya akan cantik dan rapih, tapi juga akan meningkatkan performa komputer anda. Apa sih yang harus di bersihkan dan Bagaimana caranya ?

Beberapa "sampah" yang harus di bersihkan adalah Sampah saat anda browsing atau file file yang dibuat sementara saat program berjalan, sampah ini di sebut juga dengan Temporary file atau Cache. Sampah jenis kedua adalah sampah yang nempel di Registry. Sampah ini terbentuk karena program atau file yang sudah di hapus masing meninggalkan sisa disana yang berefek akan mempelambat komputer. Jenis teakhir adalah menghapus Program yang jalan di startup. Program ini akan otomatis di jalankan saat anda menghidupkan komputer. Contoh program ini adalah  Antivirus, Yahoo Messenger dan beberapa jenis program lainnya. Dengan membuang progam di startup loading komputer anda akan lebih kenceng dan komputer lebih sehat.

OK sekarang program yang dipakai adalah CCleaner yang bisa didownload di Filehippo. Setelah di install berikut ini  cara untuk membersihkan file sampah di Hardisk
Tampilan awal dari Ccleaner, klik Analize lalu klik Run Cleaner untuk mmebersihkan file sampah.
Tampak kan kalau ada sekitar 350 MB file sampah di komputer. Kalau anda jarang menghapus file sampah ini maka ukurannya makin besar dan akhirnya komputer jadi lambat.

Untuk membersihkan registry cukup klik Icon Registry, klik Scan for Issuee dan FIx Selected Isu...Jika muncul pertanyaan waktu memilih Fix selected Isue.. klik aja No.

Tampilan Registry Cleaner

Untuk membersihkan program yang otomatis jalan di saat komputer hidup, klik Ikon tools dan pilih startup, Hapus program yang dirasa tidak perlu.
Tampilan dari startup list, hapus program yang tidak perlu , misal contoh diatas adalah Unlocker. 
Nah sekian dulu, dalam posting selanjutnya akan dibahas sistem informasi komputer, Hah apa itu? maksudnya tool untuk melihat spesifikasi komputer baik software yang terinstall atau spek hardware yang terinstall di PC kita dengan cara yang sangat mudah, semudah membalikan tangan.



Dalam  beberapa posting kedepan, saya akan membahas utilites untuk Windows. Artikel ini memang ditujukan untuk orang awam dengan harapan Makin produktif dalam bekerja dan mampu menangani troubleshooting sederhana dengan OS Windows. Artikel ini adalah artikel pertama dari 4 artikel yang akan dipublikasikan

0 Komentar: