Defraggler: Tool untuk merapikan File di hardisk

Konsep
File di hardisk bisa diibaratkan dengan buku buku yang ada di perpustakaan. Jika buku di tata rapi dan di kelompokan secara teratur, tentunya untuk menemukan buku terebut gampang bukan? Tidak jauh berbeda dengan File di hardisk. Jika file di hardisk rapih dan teratur, Windows  (baca:sistem operasi) mudah menemukannya. efeknya bagi pengguna, komputer akan berjalan lebih kenceng. 

Namun, karena sering  install program, hapus file, pindah file, hapus data dan operasi lainnya, Isi hardisk jadi berantakan yang berimbas pada kecepatan windows menemukan atau membuka file yang anda cari. Nah Kalau sudah begini, komputer akan terasa lambat, dan loading program jadi lebih lama. Gimana cara mengatasinya? Gunakan Defraggler. Defraggler adalah aplikasi bantu yang tugasnya cuman satu, merapikan file dan menata ulang isi hardisk. 

Anda bisa mendownload defraggler di Filehippo. Tool ini gratis dan ukuran installernya kecil jadi anda bisa cepat mendownload dan menginstallnya.

Berikut ini adalah tampilan dari defragler
Tampilan defraggler
Perhatikan gambar diatas, untuk menganlisia apakah suatu drive perlu di defrag atau tidak cukup klik tombol analyze. Jika fragmentnya kurang dari 5% itu masih di tolerir, namun jika diatas itu, anda sangat disarankan mendefrag hardisk anda.  Tampak kalau Drive C terfragmentasi 9%  dengan rincian ada 1.518 file yang terfragmentasi alias tidak teratur. Agar kembali rapih anda cukup klik tombol defrag dan tunggu beberapa menit, tergantung besarnya ukuran hardisk dan presentasi fragmentasi. Makin besar makin lama prosesnya.

Representasi dari isi hardisk juga terlihat di blok berwarna merah. Makin banyak merahnya makin tidak rapi hardisk anda. Tugas dari defragg adalah menghilangkan atau meminimalisir adanya blok merah di hardisk. Efeknya akan terasa kalau sudah di defrag dimana komputer anda akan lebih cepat. Tampilan dibawah ini adalah tampilan setelah defrag selesai. 


Sekedar tip. Agar Proses defrag cepat, pastikan anda sudah menghapus file sampah di PC anda dengan CCleaner


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page