Pilih PC, Notebook atau Tablet?

Kemarin, saya ditanya teman saya tentang pilih beli Notebook atau tablet? Nah untuk menjawab pertanyaan sejenis ini, saya akan mengulas tentang bagaimana kita memilih produk apakah mau membeli PC, Notebook atau tablet. Satu hal yang perlu dibahas adalah, ketiganya tidak saling menggantikan, tapi justru saling melengkapi.


PC/ Komputer Desktop

kelebihan

PC sangat cocok jika anda menginginkan alat komputasi yang memang jarang dipindah pindah atau dibawa., PC sangat tepat digunakna di kantor, Warnet, Gamenet, atau Ruang kerja pribadi. Kelebihan utama dari PC adalah harganya jauh lebih murah dari Notebook ataupun tablet, Pilihan program banyak dan mampu menjalankan tugas berat  /membutuhkan waktu lama jika menggunakan notebook atau tablet. Hal yang lebih penting, perawatan PC jauh lebih mudah serta komponennya mudah dicari.

Kekurangan
PC umummya boros listrik dan tidak portabel serta memakan tempat. 

Notebook 

kelebihan
Notebook sangat cocok untuk kebutuhan yang mobile seperti Mahasiswa atau pekerja lapangan. Notebook membutuhkan daya yang lebih kecil dari PC dan untuk saat ini, kemampuan Notebook sudah sama dengan kemampuan PC secara umum. Kelebihan, dengan berbagai ukuran, harga dan kemampunnya di install beberap OS sekaligus membuat notebook pilihan yang tepat untuk anda yang dinamis dan aktif.

Kekurangan
JIka mengalami kerusakan, notebook lebih susah diperbaiki dan komponennya pun mahal. Notebook juga kurang cocok untuk bermain Game yang butuh Pemrocess dan Memori Besar, selain itu,Notebook kurang cocok untuk pekerjaan rendering dan desain Grafis dimana user membutuhkan banyak gerakan mouse. Ukuran layar notebook juga tidak cocok untuk desainer mengingat layar notebook yang berada pada kisaran 15" kebawah. 

Tablet.

kelebihan
Trend saat ini adalah tablet, saat ini produk tablet yang paling banyak menjamur adalah tablet dengan OS Android  dan Ipad dari Apple. Tablet punya kelebihan mudah dibawa kemana-mana, ringan, simple dan cocok bagi anda yang suka membaca atau menikmati hiburan. Aplikasi Tablet yang banyak dengan layar sentuh juga sangat cocok untuk belajar interaktif terutama bagi anak-anak. Pengoperasian tablet juga tergolong paling mudah jika dibanding dua produk sebelumnya. 

Kekurangan
Jika mengalami kerusakan,  Tablet akan memakan biaya perbaikan yang lebih mahal, selain itu, Tablet tidak cocok bagi anda yang aktif mengetik atau chat apalagi pegawai kantoran karena memang desain dari Tablet untuk menikmati kontent, bukan untuk bekerja. Hal lain yang paling nampak adalah, Tablet (sampai saat ini) tidak bisa dibuat dual boot. 

Komentar

Pos populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page