DropBox

Apa itu dropbox?

Sebelum membahas apa itu dropbox, saya akan cerita tentang beberapa kejadian. Teman saya menulis naskah skripsi di Komputer, namun karena komputer terkena virus, akhirnya Hardisk di format kemudian install ulang, dia lupa membackup data skripsinya di my Document,

Kejadian yang lain, anda bebergian ke luar negeri, anda ingin saat anda berfoto ria dengan Handphone anda, anda ingin foto langsung tersimpan di  komputer di rumah ,bukan di upload ke jejaring social.

Satu kisah lagi, anton adalah pekerja kantoran di jakarta, saat dia pulang kerumahnya , dia ingin tetap menyelesaikan pekerjaannya yang tertunda, tanpa harus meremote komputer yang ada di kantor.

Dari ketiga masalah tersebut, kita butuh solusi agar bagaimana file kita selalu tersedia di setiap perangkat yang kita butuhkan dan selalu tersinkronisasi? DropBox jawabannya. Nah dah tahukan sekarang!

Dropbox adalah layanan penyimpanan data dan syncronisasi antara device. Perbedaan mendasar dengan media seperti 4shared.com atau rapidshare ada pada kemampuan syncronisasi file antar device yang kemudian di tiru oleh Apple dengan iCloudnya.

Cara kerja 

DropBox bekerja dengan cara menyimpan file di server dan mensinkronisasi filenya ke semua device yang terhubung. Pertama anda harus daftar dulu di dropbox.com, setelah anda daftar anda akan mendapat space 2 GB untuk menyimpan filenya, jika kurang anda bisa upgrade ke layanan berbayar. Setelah itu, anda download dropbox sesuai dengan OS device  anda (Windows, linux atau Mac,Ipad, Iphone atau android?). Setelah di download,  login dewat aplikasi kecil tersebut, setelah itu akan tercipta folder myDropbox. ketika anda mengkopi file ke folder tersebut, secara otomatis (dibelakang layar, dengan koneksi internet tentunya) file tersebut akan di upload ke server dropbox. Seandainya anda punya dua komputer, 1 di kantor dan 1 drumah, simpanlah dokumen anda di folder dropbox, maka ketika anda membuka folder Dropbox di rumah file yang anda kerjakan di kantor automagically  sudah ada di folder tersebut.

Kehebatan dropbox yang lain adalah, dia hanya mensinkronisasi perbedaan antar file, misalkan anda di kantor punya file bernama laporan.doc yang berisi 50 halaman, kemudian anda meyimpan di dropbox, setelah itu anda pulang dan melanjutkan menulis laporan sampai 60 halaman, maka ketika anda save, dan anda buka lagi di komputer kantor, dropbox hanya mendownload  perubahannya saja, hal ini tentunya sangat menghemat bandwidht bukan?

Sekarang lihat cerita  pertama diatas, ketika anda menyimpan dokumen anda di folderr mydropbox di my Dokumen komputer anda, dan kemudian data terkena virus atau terformat, maka anda tidak perlu kwatir, setelah install ulang Komputer, install ulang dropbox, maka semua file akan kembali seperti semula.

Sekarang lihat cerita kedua, saat anda berekreasi dan anda mengambil foto lewat Handphone (Android/iphone) maka Foto foto tadi langsung tersimpan juga di rumah anda. Keluarga dirumah langsung bisa menikmati liburan anda dari komputer, Ga perlu harus masuk Flickr atau Picassa web album :D.

Sekarang lihat cerita ketiga? seandainya setiap pekerja kantoran di tempat anda menggunakan dropbox, waktunya akan lebih efesien, selain itu, Folder dropbox juga bisa dishare sehingga team bisa kolaborasi dalam sebuah project..

Bagaimana kalau saya memakai komputer Public?
Bagaimana misal saya diwarnet dan saya ingin menyimpan file di dropbox, anda tidak perlu menginstall program dropbox, cukup login ke situs dropbox dan uplaod secara manual file anda disana, ketika anda pulan kerumah, Otomatis file sudah tersimpan di komputer anda. Ga ada lagi yang namanya "Waduh lupa ga bawa flasdisk?" :D

Bagaimana kalau file di dropbox di delete?
Jika misal secara tidak sengaja anda menghapus file di dropbox, atau mungkin orang lain yang menghapus fle tersebut, jangan panik, secara default dropbox menyimpan file anda diserver dan bisa anda restore dalam periode 30 hari setelah pendeletan, jadi jangan takut di usilin orang, mantaf bukan? ga ada lagi data hilang, ga ada lagi kerjaan tertunda. 

Mau lebih jelas? silahkan kunjungi dropbox.com., lebih jelasnya bisa anda lihat di video ini. 








Komentar

Budian mengatakan…
Kalau 1 komputertapi ada 2 dropbpx bisa ga ?
Budian mengatakan…
Kalau 1 komputer tapi ada 2 dropbox bisa ga ?
Candra Adi Putra mengatakan…
@budian sepertinya tidak bisa

Pos populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page