Ciri ciri File Virus

Menghapus virus adalah salah satu rutinitas pengguna Komputer dengan OS Windows, sayangnya antivirus yang dipakai untuk menghapus virus selalu kalah cepat dengan munculnya virus jenis baru. Hal ini bisa dimaklumi karena sifat antivirus seperti Obat bagi penyakit yang diderita manusia, tidak mungkin orang menemukan obat kalau belum ada penyakitnya.

Caranya agar anda bisa menangani virus yang menyerang atau mencegah agar komputer tidak terserang virus anda harus tahu sifat dari virus. Artikel ini akan membahas tentang sifat sifat umum yang dimiliki oleh virus komputer, jika anda ingin mencari solusi untuk Mencegah atau  meminimalisir serangan virus anda bisa mebaca artikel Mencegah virus di Windows disini.

Sebelum lebih jauh, saya akan mendeskripsikan ciri ciri komputer anda sedang "sakit" karena virus atau tidak bisa dilihat tanda tandanya diantaranya adalah:

  1. Komputer anda terasa lambat 
  2. Banyak muncul pesan error
  3. Sering ngehang atau Bluescreen
  4. Banyak program yang tidak mau berjalan
  5. Banyak folder /file yang muncul dengan sendirinya,
  6. File dokumen kita hilang/ terhidden
  7. Regedit/msconfig/Task manager tidak bisa diakses
Jika anda mengalami permasalahan diatas, maka anda patut curiga  kalau komputer anda sedang "demam". langkah pertama yang anda lakukan adalah update antivirus anda dan scan. Sayangnya virus virus baru akan selalu lolos dari scan dari antivirus terbaik sekalipun, makanya sudah saatnya anda menghapus manual virus virus ini. Nah agar tidak salah menghapus virus, maka anda harus tahu ciri file virus.

 Berikut ini adalah ciri ciri file virus
  1. Tipe filenya berektensi *.exe,*bat, *.vbs,*.cmd 
  2. File ini umumnya terhiden
  3. Letak file ini biasanya di Root direktori (misal di C:\xyz.exe, atau D:\Xctxc.vbs) atau di folder Recycled yang secara default terhidden. 
  4. Ukuran filenya kecil (dibawah 100k) dan biasanya nama filenya acak.
  5. Ciri yang lain, file jenis ini muncul dengan sendirinya.
  6. Biasanya selain menggunakan nama acak kadang menggunakan nama yang mengundang penasaran, misal Videoporno.exe, gadis_seksi.jpg.exe dst
  7. File virus biasanya menggunakan ektensi double untuk mengelabuhi user, misal  dokumenrahasia.doc.exe, cewekcute.jpg.bat dst.
  8. Adanya file autorun.inf, file ini sebenarnya dipakai untuk membuat CD installer bersifat interaktif, misal langsung memunculkan menu CD atau langsung menjalankan file installer, sayangnya, jenis file ini sekarang lebih banyak dipakai untuk menjalankan virus secara otomatis
Cara menghapus virus diatas bisa anda lakukan dengan cara masuk Safe mode , dan hapus file file dengan ciri diatas. jika anda tidak bisa menghapus file virus walaupun sudah masuk safe mode, anda bisa menggunakan Linux untuk menghapus paksa virus yang memandel.

Catatan:
Tidak semua file teriden adalah file virus, sebagian file terhiden adalah file system punya windows, yang letaknya di C:\. misal autoexec.bat, boot.ini dan ntldr, jangan menghapus file jenis ini, karena dengan menghapus file ini kemungkinan besar Windows anda akan gagal di boot.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page