Tips Mempercepat Browsing Internet

Aktivitas internet yang paling banyak di lakukan orang saat mengakses internet adalah Browsing. Dari membuka (Web) mail, Facebook, atau menonton Video di Youtube.semua aktivitas tadi menggunakan Browser, itulah mengapa aktivitas ini disebut Browsing.

Sayangnya, kecepatan internet di Indonesia masih sangat jauh dari bawah rata rata negara lain, sehingga kegiatan browsing internet juga menjadi tidak nyaman,  bahkan kadang menjengkelkan,  dalam bahasa anak muda sekarang  sering di sebut lola(loading lama)  atau lemot.

Mengingat seringnya saya (dan mungkin anda) mengalami  kejadian diatas, maka berikut ini saya berikan tips mempercepat browsing yang cukup manjur untuk di praktikan, minimal, mengurangi waktu loading halaman saat browsing.


1. Ganti Setting DNS
DNS bertugas untuk menterjemahkan alamat website seperti facebook.com menjadi alamat IP, hal ini dilakukan karena komputer berkomunikasi dengan nomor IP, sedangkan manusia lebih mudah mengingat kata atau kalimat, maka di sini diperlukan konversi dari alamat website menjadi Alamat IPnya.Ketika anda mengetikan www.facebook.com, browser anda tidak langsung ke facebook, namun pergi ke "penunjuk jala", untuk menanyakan alamat facebook tadi. baru setelah dapat alamat "Nomor rumah facebook dan nama jalannya" dari si "Penunjuk jalan" Browser baru menuju   facebook.

Permasalahnnya kadang, si penunjuk jalan  yaitu DNS server, terlalu sibuk atau kurang bisa diandalkan sehingga perlu kita ganti. cara mengganti DNS di windows, masuk ke Control Panel pilih Network Connection dan pilih Jalur koneksi anda, pilih Properties-> TCP IP, gantilah primary  DNS ke 8.8.8.8 dan secondary DNS ke 8.8.4.4, IP DNS Server ini adalah DNS Public dari Google yang bisa dipakai oleh seluruh pengguna internet, apapun ISP yang kita pake, biak kita pake Speedy, Wireless ISP atau pake Modem GSM/EVDO, kita bisa memakai alamat ini.

2. Gunakan Firefox atau Google Chrome

Pengguna kantoran dan orang awam umumnya masih memakai browser bawaan dari Windows yaitu internet explorer, apalagi para pamakai Windows XP, masih banyak yang menggunakan IE6. Penggunaan browser yang kadaluarsa seperti ini akan memperlambat browsing anda, bahkan beberapa website tidak mau dibuka jika menggunakan IE6, sekali lagi, upgrade ke Firefox atau Google Chrome karena dua browser ini sudah mendukung teknologi web terbaru seperti HTML5. Jika karena kebijakan kantor atau perusahaan tidak membolehkan ganti browser, minimal Pakelah internet Explorer 9.

3. Pasang  AdBlock dan FlashBlock

Saat ini, hampir semua website menyertakan iklan dihalamannya, dari hanya sekedar iklan text Adsense, Banner, sampai Iklan Flash yang memenuhi halaman, contohnya detik.com. Selain iklan ini tidak ada manfaatnya, iklan juga otomatis memperlambat browsing karena kita juga harus mendownload file flash, Gambar dan text iklan yang tidak bermanfaat. AdBlock berfungsi untuk memblokir iklan secara umum, sedangkan FlashBlock berfungsi untuk memblokir semua file flash dihalaman yang kita tuju.

Bagaimana kalau saya mau bermain game flash di facebook seperati CityVille atau Farm Ville? Tenang aja, Flashblock bisa di disable secara permanen atau temporer. Jadi anda bebas memilih, apakah ingin meload halaman flash atau tidak:D.

Link Adblock dan Flash Block diatas untuk pengguna Firefox, jika anda pengguna Google Chrome, cari add-on sejenis di Chrome Webstore.

4. Matikan fitur AutoUpdate Aplikasi, Antivirus dan Windows Update

Percaya tidak percaya, dibelakang layar, banyak sekali aplikasi yang terkoneksi internet tanpa seijin anda, dari antivirus dan OS Window sendiri terseting secara default untuk "AUTOUPDATE" saat ada koneksi internet. Update antivirus atau OS memang penting, tapi kalau setiap tersambung ke internet minta upate terus, kesel juga kan? apalagi kalau anda memakai koneksi modem GSM. Matikan dua fitur ini atau setting antivirus dan Windows untuk update scara manual.

5. Pasang antivirus dan AntiSpyware & Firewall
Virus dan berbagai macam malware seperti spyware dan Worm kadang tidak akan memberi efek apa apa pada komputer anda, namun ketika komputer tersambung ke internet, para Malware ini baru beraksi, misal menyedot semua bandiwdht, memonitor aktifitas browsing anda dan menampilklan Popup saat browsing dan bahkan ada beberapa jenis malware yang menjadikan komputer anda sebagai "server spam" atau istilahnya Spam Relay sehingga walaupun anda cuman membuka satu halaman website, loading terasa begitu lama.

Beberapa antivirus dan Antispyware bisa anda dapatkan secara free di FileHippo.com.

Tips diatas bisa dipakai apapun koneksi internet yang anda pakai, semoga setelah membaca tulisan ini dan mempraktekannya, pengelaman berselancar anda makin lancar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page