Memahami Fitur Statistik di Blogger

Setelah sekian lama ditunggu, akhirnya Blogger menyediakan fungsi statistik. Dibanding dengan Wordpress, statistik Blogger lebih detail dan kaya fitur, selain itu, Statistik Blogger munggunakan teknologi realtime sehingga saat blog kita ramai, kita bisa melihat saat itu juga ada berapa pengunjung yang berbada di  blog kita. 


Artikel ini akan membahas tentang fitur Statistik Blogger secara mendalam, tentunya dengan tampilan screenshot real dari Blog ini. Langsung saja, statistik Blogger terdiri dari 4 tab yaitu Overview, Post, traffic source dan Audience. Secara umum, untuk masing masing tab bisa dilihat berdasarkan waktu saat ini (realtime), hari, minggu, bulan atau Alltime. 

Tab Overview
tab ini berisi ringkasan dari statistik secara keseluruhan, anda bisa melihat  trafit saat ini, harian ataupun bulanan, di tab ini juga terdapat ringkasan post atau artikel yang paling banyak diakses sekaligus dari negara mana para pengunjung blog kita berasal. 

Tab Post
Tab kedua adalah tab Post, disini kita bisa melihat secara rinci, halaman  dan posting apa yang paling sering diakses oleh user, dalam tampilan diatas, terlihat bahwa postingan "Hidup digital bersama Google" adalah posting yang paling banyak pengunjungnya dalam minggu ini.

Tab Traffic source
Tab ketiga berisi traffic source, disini kita bisa melihat dari mana asal trafik, ada tiga sub kategori, pertama adalah referring URLS, artinya orang membaca posting kita dari link dan website siapa. yang kedua referring site, orang mengunjungi kita dari website mana , makin banyak blog anda di link oleh pihak lain, makin tinggi referring site nya, dan yang terakhir (Tidak terlihat di gambar) adalah  Search keyword artinya ketika seseorang mencari Artikel di mesin pencari dan akhirnya sampai ke blog anda itu menggunakan keyword apa cool and detail banget kan.

Tab Audience


Tab terakhir berisi informasi negara mana yang paling sering mengakses website kita, browser apa yang paling sering dipakai oleh user sistem operasi apa yang dipakai oleh user bisa dilihat disini.

Kesimpulan.
Setelah kita memahami tentang statistik blogger, apa tindakan kita selanjutnya? statistik tadi bisa kita pakai untuk menentukan arah dan postingan blog kita, misal dalam kasus ini, kebanyakan membaca artikel yang berhubungan dengan google, maka besok kita buat artikel sethema dengan post yang paling sering diakses dengan harapan pengunjung kembali ke website kita. Misal dari audiance terlihat bahwa website kita sering diakses dari Amerika padahal kita menulis pake bahasa indonesia, kita bisa menambahkan widget autotransalate di blog kita sehingga pembaca yang tidak mengerti bahasa inggris tetap bisa memahami isinya.
Demikian, semoga bermanfaat. 





Komentar

blame mengatakan…
menarik sekali ulasannya...hm...

Pos populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page