Mencegah Virus Di Windows

Windows adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan pengguna desktop saat ini, Anda mungkin salahsatunya. Namun, dibalik kemudahan dalam pemakaiannya, OS ini juga rentan terhadap Malware (virus,trojan,backdoor dll). Kalau ditanya, bagaimana cara mengatasinya? tentu dengan antivirus terbaru dan terupdate. Seandainya pertanyaannya kita ubah, bagaimana cara mencegah (baca: meminimalisir)virus dan kawan kawannya agar tidak menjangkiti windows? Saya yakin masih banyak yang belum tahu.

Tips berikut ini adalah langkah langkah ampuh yang bisa menjaga "kesehatan windows anda




1. Install Deepfreeze dan AntiExecutable
dua aplikasi ini adalah aplikasi pencegah virus yang cukup ampuh dan umumnya diinstall diwarnet, Deepfreeze adalah aplikasi yang "membekukan" drive sehingga semisal drive yang dibekukan tadi terkena virus, konfigurasi hilang, ada file yang terhapus dan lain lain, maka cukup dengan restart, semua kembali seperti semula sebelum terjadi perubahan.  AntiExecutable adalah pelengkap deepfreeze dimana dengan aplikasi ini, program baru (termasuk virus) tidak diijinkan berjalan, hanya program program yang di otorisasi yang boleh berjalan.  Untuk mencoba dua program ini silahkan cek di website faronic.

2. Gunakan Limited User
Windows XP dan penerusnya mempunyai 2 tipe user, user administrator dan user limited. Jika anda ingin mencegah virus, biasakan menggunakan Limited user, dengan user ini, anda tidak bisa sembarangan menghapus file, mengubah file konfigurasi ataupun menginstall program. Dengan begitu, ketika kita tidak sengaja mengklik virus, maka virus umumnya gagal jalan atau gagal menempatkan dirinya dissystem. Jika anda ingin menginstall program atau menjalankan aplikasi yang butuh user administrator anda cukup klik kanan aplikasi dan "Run as..Administrator". 

3.Install antivirus dan update minimal 1 minggu sekali.  
Pertanyaan yang sering saya dapat: "Mas, antivirus yang bagus itu apa ya?" jawabannya: Antivirus yang sering diupdate, makin sering diupdate makin bagus. Maka apapun antivirus yang anda pake, pakelah antivirus yang terupdate, selain itu, gunakan antiviirus yang mempunyai fitur healing, dengan fitur ini, aplikasi yang terkena virus tidak perlu dihapus ketika terdeteksi virus, cukup di "sembuhkan".

4. Biasakan menscan flashdisk saat Mau dipakai  
Flashdisk saat ini sudah menggantikan floppy, biasanya flasdisk dipakai untuk memindah data antar komputer atau mengcopy file hasil download di internet, untuk memastikan tidak ada virus diflashdisk, selalu scan saat flasdisk di "Colok" ke komputer, gunakan juga fitur "otomatis scan " di antivirus anda. selain itu, selalu scan installer sebelum di install.

5. Jangan membuka situs situs berbahaya .
Situs hacker, cracker, keygen dan situs porno adalah situs situs berbahaya. Umumnya website jenis ini secara otomatis mendownload program dan menginstallnya diam diam dipC anda, program ini bisa program untuk menampilkan iklan, mencuri data atau program yang mampu mengontrol PC anda. serem kan?

6. Ikuti berita keamanan komputer.
Anda tidak perlu jadi ahli keamanan komputer yang selalu membaca berita keamanan komputer, anda cukup membaca berita seperti di detikInet untuk melihat virus apa yang sekarang lagi marak, apa ciri cirinya dan bagaimana pencegahannya. anda tidak perlu harus membaca berita berita security sofware. Cukup berita umum saja.

keenam tips ini cukup ampuh menjaga windows kesayangan anda agar tidak terserang virusdan kawan kawannya,  Selamat mencoba.
   




Komentar

Anonim mengatakan…
Mas, koq pakai deepfreeze malah ga bisa hibernate ya..

Menambah ilmu yang aku dapat ya:


Mematikan fungsi autorun

- Start-run-ketik gpedit.msc
- Buka Computer Configuration-Administrative Templates-System
- Di bagian kanan cari Turn off Autoplay, pilih enable, pilih All drives
- Setelah itu User Configuration-Administratiive Templates-System
- Turn off Autoplay, pilih enable, pilih All drives
Candra Adi Putra mengatakan…
makasih tambahan ilmunya, kalo yang hibernate saya kurang tau tuh

Postingan populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page