Permasalahan Teknis di warnet

Warnet adalah salah satu jenis usaha yang sekarang ini berkembang pesat. warnet tidak berbeda dengan usaha jenis lain yang tentunya, dalam pengelolaannya pasti terdapat kendala dan problem. Problem sendiri bisa dilihat dari sisi internal atau eksternal, teknis ataupun non teknis akan selalu ada. Berikut ini adalah permasalahan teknsi  yang umum terjadi di warnet dimana permasalahan ini tentunya akan mempengaruhi dari income dan perawatan warnet itu sendiri.


Koneksi putus 
Putusnya koneksi internet adalah kendala terbesar yang harus ditanggung warnet. Putusnya koneksi internet secara otomatis menurunkan income yang didapat bahkan berpotensi menurunkan jumlah konsumen jika terlalu sering terjadi permasalahan koneksi internet.
Untuk menangani hal diatas, kita lihat permasalahan itu datang dari internal jaringan warnet atau dari ISP. Jika permasalahan karena internal warnet tentunya warnet harus mempunyai teknisi jaringan yang handal sehingga permasalan cepat diselesaikan, jika putusnya dari ISP tentunya kita harus melihat seberapa sigap dan seberapa cepat pihak ISP menyelesaikan permasalahan ini. jika pihak ISP kurang sigap dan putusnya koneksi kerap terjadi, lebih disarankan anda ganti ISP

Listrik PLN Mati/Pemadaman
permasalahan ini adalah permasalahan kedua yang cukup berpengaruh diwarnet. Untuk menghindari kerusakan yang terjadi baik diserver ataupun di client, alangkah baiknya jika Client dan server dipasang backup UPS sehingga ketika listrik Mati server masih tetap hidup dan client masih sempat menyimpan data datanya. Jika dana untuk pembelian UPS terbatas, usahakan minimal  pasang UPS  untuk server. 

Malware (Virus/trojan/worm dkk)
Permasalahan ketiga yang cukup berbahaya adalah Malware. Malware adalah segala jenis sofware yang merusak/memperlambat kerja sistem atau jaringan. Malware ini bisa datang dari mana saja, baik dari internet ataupun dari flashdisk yang dibawa oleh user. Untuk mencegah hal ini terjadi, pasang deepfreeze di masing2 client untuk Drive C:(system) dan bersihkan drive D: secara berkala dan jangan lupa pasang Antivirus yang uptodate. Itu semua jika client berbasis windows. Jika anda menggunakan Linux sebagai client, anda tidak akan menemukan permasalahan diatas. Namun umumnya akan mendapat permasalhan lain. Ketidakbiasaan user menggunakan Linux membuat user kurang nyaman dan kemungkinan menurunkan omzet (maaf, bukan berarti saya mendukung windows, tapi memang itu kenyataan yang terjadi)

Kerusakan Hardware
kerusakan hardware juga merupakan permsalahan yang cukup serius, jika hardware rusak (Misal kipas CPU mati atau kabel jaringan ke client putus otomatis computer yang mengalami kerusakan ini tidak bisa dipakai yang artinya akan mengurangi penghasilan warnet. Solusinya, secepatnya perbaiki kerusakan, apalagi jika kerusakan hardware server. Otomatis seluruh client akan kena dampaknya. 

Kerusakan Sofware
kerusakan sofware, umumnya  disebabkan oleh virus atau memang karena hardisk  sudah sering terjadi bad sector. Namun kerusakan yang murni sofware umumnya mudah ditangani. Misal dengan cloning hardisk atau install ulang. 

Yah, saya kira itu dulu, permasalahan teknis yang lain umumnya bisa dimasukan kedalam permasalahan umum diatas, sebagai tambahan, permasalahan, untuk permasalahan nonteknis biasanya berupa masalah keamanan, pungutan liar, pencurian barang2 warnet dan konflik antar Owner dan operator atau sesama operator. 



Komentar

rachmat mengatakan…
thank's...
ngebantu Tugas Laporan aku niwh...

Pos populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page