Perbedaan Ubuntu Server dan Desktop

Ada sebuah pertanyaan yang diajukan kepada saya tentang apa sih perbedaan ubuntu Server dan desktop? Jawaban dari pertanyaan ini bisa dijawab dengan cara yang panjang dan dengan cara yang pendek. Jawaban panjang umumnya terdapat perbedaan teknis diantara keduanya. sedangkan jawaban pendeknya adalah ubuntu server ya diinstall di server sedangkan ubuntu desktop ya diinstall di desktop. Nah simple kan? Tapi saya yakin anda tidak puas dengan jawaban seperti ini, oleh karena itu, saya akan menjabarkan tentang perbedaan keduanya dengan jawaban yang (insyallah) memuaskan

Berikut ini adalah perbedaan keduanya

Pengguna

Ubuntu desktop umumnya di install untuk user yang memakai ubuntu sebagai end user yang pemakainnya hanya sebatas mendengarkan music, internet, office dan sejenisnya.

Ubuntu server  diinstall  di lingkungan enterprise atau perusahaan untuk keperluan seperti web server ataupun router.

Default User interface

Ubuntu desktop secara default akan menginstall desktop Gnome yang elegan dan mudah dipakai. Jika anda adalah user baru yang bermigrasi dari windows, anda  tidak perlu waktu lama untuk menyesuaikan diri dengannya. di ubuntu desktop sudah tersedia aplikasi firefox dan openoffice (paket aplikasi perkantoran free yang mirip dengan Microsoft office)  yang sebagian besar pemakai windows sudah mengenalnya.

Ubuntu server sebaliknya, secara default versi server ini tidak menyertakan antarmuka GUI, yang ada hanya shell alias Command line.  jika anda pemula dilinux dan anda menginstall ubuntu versi ini, dijamin anda akan kebingungan mengoperasikan ubuntu server.

Aplikasi

Selain target pengguna dan User interface, Hal ketiga yang jelas jelas berbeda yaitu aplikasi. Jika anda menggunakan ubuntu desktop maka anda diberi menu yang isinya firefox, Openoffice dan kawan kawannya yang cara penggunaannya tinggal klik atau double klik.  berbeda dengan aplikasi yang disertakan di versi server. Hampir 100% aplikasi yang disertakan harus anda ketik di konsole. dan aplikasi bawaan dari ubuntu server sekedar info buat anda berupa aplikasi serveri webserver, DNS server, DHCP server, firewall, openSSH dan sofware lain yang mungkin anda baru mendengarnya.

Teknologi

Hal ini tampak sekali jika anda adalah pengguna Linux yang sudah lama bergelut di linux. Teknologi yang dipakai di Ubuntu server di desain agar mampu menangani memori sampai puluhan Giga ataupun menangani Multicore CPU. selain itu teknologi yang dibenamkan diserver juga umumnya hanya dipakai oleh orang yang benar benar advanced di Linux.

Nah begitu saja, singkatnya jika anda bingung dengan penjelasan tentang server berarti Ubuntu desktop cocok untuk anda. Namun jika anda malah penasaran dengan berbagai hal yang ditawarkan oleh ubuntu server karena anda ingin mengimplementasikan di perusahaan anda  atau anda ingin sekedar 'bermain' dan mencicipi versi server silahkan coba ubuntu versi server.

Komentar

blame mengatakan…
menarik... lanjutkan gan...
nugie mengatakan…
mau tanya nih gan,di kantor aku mau migrasi server dari windows server ke linux,rencananya mau pake ubuntu,nah...mending pake ubuntu server apa ubuntu desktop yah...soalnya tuh server cuman dijadiin pusat data yang dipakai secara local,bukan buat tempat web server,mail server,dkk. kalo client-user yang make sih sekitar 40-an, jadi mending pake yang mana nih...???mohon bantuannya gan...
thx before.
amoye mote mengatakan…
met siang,,,,z mau tanya tentang perbedaan ubuntu server dan ubuntu desktop
mungkin bisa jelaskan tentang keduanya diatas berbentun dlm tabelnya ka?;

No Perbedaan ubuntu server dan desktop
Server desktop



klau bisa tlg dijawab seceptnya ka?....
terimakasih GBU.
mollenth mengatakan…
ada gak sih, turunan dari ubuntu server edition yang udah pake GUI????
Bisa gak ubuntu desktop edition dirubah menjadi ubuntu untuk server dan router????klo bs, caranya gmn tuh???
Candra mengatakan…
kalau anda memakai ubuntu server namun ingin menggunakan tampilan GUI,
cukup gunakan perintah
$ sudo apt-get install ubuntu-desktop
ingat, untuk perintah ini harus ada repo lokal atau ubuntu server anda terkoneksi internet, perintah diatas otomatis menginstall desktop ubuntu ke server anda :D

jika ubuntu desktop ingin dijadikan server, boleh2 saja, namun performanya berbeda dengan ubuntu server.
mollenth mengatakan…
caranya gimana membuat repo lokal dan setting koneksi internet untuk ubuntu server???terima kasih penjelasannya.
Candra mengatakan…
tunggu tutorial berikutnya aja mas
k_osijo mengatakan…
bila kita gunakan perintah
$ sudo apt-get install ubuntu-desktop
OS kita berubah atw tampilannya saja
bagaimana performa sebagai server OS-nya

jika ubuntu desktop dijadikan server bedanya seperti apa???
wawan mengatakan…
ehm.... thanks

saya sudah cukup faham.

ada gak tanpa koneksi kita bs simulaasi buat servernya. hehe
yuzu mengatakan…
bento..... :D aku gawe desktop ae lah .. :D :D

Postingan populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page