Perbedaan Blog dan Website

Akhir-akhir ini, saya sering sekali mendapat pertanyaan tentang apa sih perbedaan blog dan website. Nah setelah saya cari diinternet, ternyata banyak juga posting dan  artikel yang membahas hal ini, sayannya pembahasannya tidak tuntas dan sepotong potong. Cuman ada satu sumber yang cukup jelas dalam pemaparananya yaitu blog http://bloggingly.com/perbedaan-blog-dan-website-menurut-yaro-starak/. Berikut ini saya paparkan perbedaan blog dan website sebagai pelengkap dari link diatas diantaranya : 

Blog umumnya disusun secara kronologis  Website tidak selalu.

    Blog umumnya tersusun secara kronologis. Artikel atau posting terbaru akan muncul di halaman utama paling atas. Sedankan artikel yang lawas akandiletakan dibawahnya. Sedangkan website umumnya mempunyai menu menu yang membagi bagi artikel berdasarkan kategori ataupun berdasarkan Menu yang tersusun dari awal.

        Blog berisi pendapat pribadi sedangkan Website berisi berita atau fakta

    Blog umumnya berisi pendapat pribadi penulisnya tentang hal yang ia sukai, baik itu komputer, politik, dan bidang lain yang menurut dia menarik. sedangkan website umumnya berisi artikel berita dan fakta serta data. Saat ini, perbedaan diatas mulai pudar karena sekarang juga banyak BLog yang diubah menjadi website secara instant dan blog bisa berisi artikel apa saja.

    Blog umumnya diperuntukan untuk penulis yang awam tentang pembuatan publikasi internet
    Di era sebelum blog, tidak banyak orang yang tau bagaimana mempublikasikan tulisan di internet karena selain untuk biaya hosting yang mahal, penulis juga harus  tau tenttang HTML, CSS dan berbagai macam teknologi web lainnya. Blog (bersama CMS) adalah solusi praktis bagi para penulis yang tidak ingin direpotkan dengan hal hal teknis seputar teknologi IT, sehingga sekarang siapa saja bisa mempunyai blog.  Website umumnya dibuat dari awal oleh suatu organisasi atau perusahaan.


    Blog dibangun dengan Sistem 'Instan' sedangkan web Tidak
    Blog umumnya dibuat menggunakan layanan pihak ketiga seperti wordpress ataupun blogger sedangkan webiste umumnya dibuat oleh seorang web designer dan programer web walaupun juga ada website yang dibuat dengan instant menggunakan CMS (Content management sistem).

    Tampilan (layout)  Blog umumnya  sama atau sejenis
    Karena Blog dibangun diatas sistem pihak ketiga maka umumnya layout, thema dan tampilan dari blog seragarm, mirip atau sejenis. Hal hal yang umum diblog seperti komentar, arsip, recent post dan sejenisnya umumnya mirip walaupun blog memakai sistem yang berbeda.

    BLog tidak bisa ditambahkan aplikasi web untuk keperluan khusus
    Misalkan anda ingin membuat sistem untuk penjualan barang online.  anda tidak bisa mengandalkan blog, anda harus membuat website sendiri atau meminta kepada pihak ketiga. Hal ini dikarenakan fungsi awal blog memang hanya untuk menulis 'catatan harian' online. Disinilah salah satu perbedaan mencolok antara blog dan website.

    Umumnya Website juga mempunyai subdomain berupa blog tapi tidak sebaliknya
    sebagai contoh, Facebook dan twitter adalah website yang menawarkan berbagai macam kemudahan untuk para penggunaanya. Kedua website ini ternyata juga mempunyai blog untuk mengabarkan kepada pengguna tentang perubahan dari website, baik kebijakan ataupun fitur baru. Disini bisa ditarik kesimpulan Bahwa umumnya  Suatu website juga bisa ditambahkan blog didalamnya namun tidak sebaliknya.

    Demikian perbedaan antara blog dan website menurut saya sendiri, jika anda mempunyai ciri lain yang membedakan blog dan website, silahkan posting dikomentar


    Komentar

    Irwan mengatakan…
    kalo menurut saya blog sama website itu sama aja :D
    Candra Adi Putra mengatakan…
    kalo memang sama, bisa ga blog ditambah aplikasi web, misal KRS online atau sistem informasi kampus dan sejenisnya?

    Pos populer dari blog ini

    Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

    Cara Mereset Handphone Nokia N70

    Cara Blokir Seseorang di Facebook Page