Fitur yang kurang di Facebook



Facebook adalah tempat yang saat ini paling sering dipakai buat nongkrong saat kita berinternet. Website ini begitu diminati oleh kebanyakan netter di seluruh dunia, dari anak anak sampai orang tua punya account di sini. Mengapa orang tertarik dengan facebook? jawabnya: karena facebook menawarkan berbagai macam fitur yan menarik. Dari tampilannya yang responsif sampai ribuan game dan aplikasi yang bisa dimainkan bersama teman anda. Selain itu fitur chat dan messagenya seakan akan membuat kita lupa dengan Yahoo Messengger dan Email.


Namun, dari sabrek fitur facebook, saya merasa masih ada beberapa fitur yang kurang, diantaranya

Fungsi Retweet di Facebook
Bagi anda yang suka bermain twitter,pastinya tahu fitur yang satu ini. Retweet adalah fitur yang membolehkan kita "mengcopy-paste" secara otomatis update status dari orang yang kita ikuti. Kalo difacebook bisa kita samakan dengan teman. Sebagai contoh, temen anda mengupdate status tentang Informasi film New Moon terbaru, anda bisa langsung meretweet dan menjadikannya status anda jika anda suka. Saya sendiri kurang tahu apakah facebook akan menerapkan fungsi  ini.

Fungsi backup data 
Pernahkah anda bertanya pada diri anda sendiri, sebarapa sering anda update status, berapa banyak foto yang telah anda upload dan pada tgl 12 bulan kemarin anda update status tentang apa? Nah  dari pertanyaan tersebut harusnya facebook mempunyai fitur backup data dimana kita bisa membackup data yang kita miliki. Data yang kita miliki sendiri cukup banyak di facebook, diantaranya phonebook, daftar teman, foto, video, catatan dan daftar link informasi ini harusnya bisa kita backup kedalam komputer kita.

Login dengan HTTPS (Login aman) 
banyak kasus yang intinya ada seoran user yang merasa "account"nya di bajak atau tahu tahu ada yang mengupdate status dengan usernamenya. mengapa bisa demikian? saya sendiri kurang tahu, namun dugaan saya karena facebook tidak menggunakan protokol https secara default saat login. Saya sendiri tidak tahu mengapa facebook tidak menggunakan https, minimal untuk login. Sebenarnya kita bisa login menggunakan https namun dengan cara manual kita ketikan di browser seperti https://www.facebook.com, namun kenapa facebook tidak menjadikannya secara default?

Siapa yang berlangganan SMS update status kita?
Salah satu hal menarik difacebook adalah kita bisa berlanggganan update status temen kita difacebook dengan SMS dan layanan ini GRATIS diberikan jika anda memakai Telkomsel atau 3, (operator lain belum didukung). kita akan kena biaya jika kita mengomentari update status temen kita dengan mereply sms tadi. Biayanya pun murah, cuman 100 rupiah. Hanay saja, sampai saat ini kita tidak pernah tau, siapa yang berlangganan update status kita. facebook tidak memberikan pemberitahuan lewat email atau menampilkan daftar orang yang menerima update status kita. Saya sendiri berlangganan  update status temen2 mengunakan SMS,  (lumayan, hampi tiap sekian menit ada sms masuk :D). beberapa temen yang saya berlangganan updatenyaadalah temen temen deket saya seperti Doddy abdurrahman, Etiek Dwi ws, Touranku, Noor asyhadi, wahyu warastriyo dan sekian puluh orang lainnya :D. jadi jika temen saya update status, otomatis facebook mengirimkan update tersebut ke HP saya :D.

Layout facebook tidak bisa diubah?
ini adalah hal terakhi yang saya rasa sangat kurang difacebook. Bagi para pengguna friendster, fitur mengubah backgound, warna teks dan lainnya merupakan hal yang sangat menarik, namun facebook telah membuat kecewa para maniak friendster yang pindah ke facebook. Sebagian besar pertanyaan para penguna pemula adlaah:" Bagaimana cara mengubah tampilan facebook? " saya sendiri tidak terlalu tertarik dengan fitur mengubah tampilan, saya berharap facebook bisa diubah layaknya Igoogle dengan fitur drag ndrop, misal saya ingin menu utama disebelah kiri bisa diletakan disebalah kanan, dan menampilkan bar aplikasi digeser ke atas. syukur syukur bisa mengbuah theme dari layout facebook layaknya twitter.

update: 30 November
Alamat Note (Blog) Yang mudah di inget
Salah satu fitur facebook yang saya suka adalah Note atau Catatan. Fitur ini semacam Blog tersendiri difacebook. Sayangnya alamat dari blog facebook  sendiri susah dinget. Alamat blog saya sendiri difacebook
http://www.facebook.com/notes.php?id=1111303929. kenapa alamatnya susah dinget? semoga facebook bisa menambahkan fitur agar alamat facebook lebih mudah  dinget misal jadi http://www.facebook.com/candraadiputra/notes
Nah, fitur apa yang menurut anda kurang difcebook? plz koment

Komentar

blame mengatakan…
ooohh... kamu langganan sms pesbuk ku tho can... baru tau ... ahahahaha

Pos populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page