Mengubah default gateway di FreeBSD

Beberapa hari terakhir koneksi di warnet down karena Routerboard yang dipasang di tower ga dapat sinyal dari BTS (ini sih kata teknisi ISP, saya mah ga tau ..:D ). Setelah teknisi bolak-balik setting router warnet dan naik turun tower dan gonta ganti routerboard  akhirnya koneksi lancar kembali.
Ternyata setelah teknisi pergi ada satu masalah yang belums selesai:server proxy. Ketika Teknisi   menyetting router, IP router yang mengarah ke proxy  juga diubah, efeknya?  proxy lokal warnet tidak bisa dipakai. Setelah mencari info beberapa hari (ternyata gue bodo banget)  dan minta bantuan dari ISP akhirnya masalahnya ketemu juga. default gateway proxy tidak ikut diubah, padahal IP router yang ke proxy sudah berubah. Penyelesaian dari masalah diatas l:ubah default gateway di table routing proxy server. Nah walaupun teorinya dah dapet ternyata prakteknya bingung. konfigurasi default gateway di freeBSD diletakan dimana? cara mengubahnya gimana?

Seperti biasa, ketika berbagai masalah timbul dan kita ingin mencari jawabannya, maka Googling adalah solusinya. Dengan menggunakan kata kunci "how to setting default gateway in freebsd" akhirnya saya menemukan sekian puluh jawaban. dan jawaban paling bagus diterangkan di http://www.cyberciti.biz/faq/freebsd-setup-default-routing-with-route-command/ 

secara singkat, langkahnya adalah sbb:
  1. login secara lokal ke freeBSD sebagai root
  2. edit file /etc/rc.conf
  3. cari baris :
defaultrouter="172.16.x.x" 
#ini default gateway lama
#silahkan ganti dengan IP router yang mengarah ke proxy.
Setelah selesai, restart server dengan perintah
#reboot

cara yang lebih detail dan berbagai opsi yang lain bisa di cek di link diatas. 
dan bingo...!  akhirnya server  proxy kembali normal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page