Power over Ethernet


Kemarin pagi (seleasa, 14 september 2008) internet putus, Kata Operatornya sih dari jam 2 malam. Setelah saya cek router ternyata ethernet yang terkoneksi dari Router  ke antena Wireless mati. Langsung aja saya cek apakah yang bermasalah Power over ethernetnya atau Lancardnya. Setelah beberapa lama ternyata memang Power over ethernetnya yang bermasalah, tepatnya pada switching power supply. AKhirnya di ganti deh PoEnya. 
Sebelum menulis lebih jauh, perlu dijelaskan sedikit, apa itu power over ethernet atau lebih sering disingkat dengan PoE? 
Menurut wikipedia pengertian PoE adalah sebagai berikut

"Power over Ethernet or PoE technology describes a system to transfer electrical power, along with data, to remote devices over standard twisted-pair cable in an Ethernet network. 

Kalo dengan bahasa yang lebih singkat dan sederhana, PoE itu adalah teknologi untuk mengirim tenaga listrik bersama data ke peralatan remote lewat standar kabel data ethernet. Biasanya dipakai Untuk Wireless LAN Acces point, kamera jaringan, switch jaringan atau peralatan lain  dimana akan tidak nyaman, mahal atau tidak sesuai jika power diberikan secara terpisah. 

Yang agak menyebalkan kemarin, Support dari ISP lambat and tidak responsive. Cari cari sendiri di toko komputer ternyata juga tidak ada. AKhirnya deh telepon ISP minta ganti PoE. Sekedar tambahan, PoE untuk antena wireless yang biasanya dipasang di warnet warnet itu mempunyai output sekitar 18Volt dan arusnya 1 Ampere. Yang sekarang saya masih bingung, Cari PoE di toko komputer di Jogja Itu yang ada dimana sih? kalo ada yang tau kasih komentar ya!


Komentar

Pos populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page