Recovery File Di Partisi NTFS

Pernah ga, mendelete suatu file dalam partisi NTFS di Windows, namun setelah di delete kita baru inget kalo file yang kita delete itu penting? Padalah recycle Bin sudah kita "empty" jadi percumah saja kalau kita mencari di recycle Bin. Terus gimana caranya dong?
Berikut ini ada tip mudah untuk mendapatkan kembali file yang sudah terdelete di partisi NTFS. Kunci utama tips ini ada di aplikasi opensource bernama ntfsundelete.

Langsung saja,
  1. Download ntfsundelete di ntfsundelete.com
  2. Install ntfsundelete di partisi yang berbeda dengan partisi yang akan kita recover. Contoh jika anda ingin merecovery partisi D maka install saja aplikasi ini di C: begitu juga sebaliknya.
  3. jalankan aplikasi dan pilih tab search, Pilih partisi yang ingin anda cari dan tipe file yang ingin anda cari, misal kita ingin mencari file yang pernah kita delete bertipe *.doc di D: maka isikan *.doc di Filemask dan LookIn :D (liat gambar)
  4. tinggal Klik search
  5. setelah pencarian selesai maka akan ditampilkan file file yang pernah kita hapus. Tinggal klik kanan nama file nya dan save as... , yang perlu dingat, simpan file di partisi lain
  6. Jika anda ingin merecovery semua file yang pernah terhapus di partisi tersebut tinggal klik tab Recover mark file dan tentukan nama direktori dan partisi yang akan dipakai untuk menyimpan file file hasil recover. INGAT, folder recovery harus dipartisi lain dan pastikan space yang tersedia mencukupi.

Nah cukup begitu saja ya, namun ada catatan kecil
  1. pertama, jika anda mendelete file dengan menggunakan tool yang bernama "shreeder" maka kemungkinan besar file anda walaupun sudah direcover namun sudah tidak bisa lagi dibaca
  2. jika file yang anda delete di partisi yang dipasang deepfreeze atau sofware sejenis dan komputer sudah direstart, kemungkinan besar file anda tidak akan ditemukan
  3. yang terakhir, belum tentu file yang anda recover bisa terbaca kembali, apalagi data yang anda delete sudah lama, maka kemungkinan tidak terbacanya makin besar, maka jika anda mendelete suatu file secara tidak sengaja secepatnya recovery file anda dan pastikan didalam partisi tersebut tidak ada perubahan data(misal copy, paste file dari partisi lain ke partisi tersebut karena hal ini bisa menimpa file lama yang telah terhapus).
Nah cukup itu saja, semoga bermanfaat.

Komentar

arsyad lubis mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
arsyad lubis mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Pos populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page