Postingan

Menampilkan postingan dari Juli, 2008

Foto Blogging di Photoblog.com

Gambar
Suka ceprat cepret dengan kamera digital atau kamera HP kamu? Mending Masukin Blog aja! "Lho bukannya blog itu tulisan?" Nah sekarang (sebenarnya dah lama sih) Blog itu macam macam. Ada Blog umum seperti wordpress dan Blogger serta ada blog yang khusus untuk media digital seperti http://www.photoblog.com/ atau blog untuk video seperti http://www.yvideoblog.com/.
Nah kalo yang suka poto poto mending masuk ke photoblog aja, tinggal foto kamu diupload dan kasih keterangan dikit aja, jangan banyak banyak, selesai deh dan orang lain tau kamu habis dari mana saja atau kegiatan/event apa yang kamu saksikan. Sekalian iklan, cek aja photoblog ku di http://photoblog.com/candraadiputra

Mengumpulkan links Favorit di Google Bookmarks

Gambar
Bagi yang suka browsing, Pernah ga kepikiran mengumpulkan link dari halaman web yang kita jumpai? Nah Bagi yang tertarik gunakan saja Google Bookmarks. Asal kamu udah punya Email di Google, kamu bisa langsung pakai Fasilitas ini. Manfaatnya ? banyak sekali, namun yang paling utama adalah kamu bisa melihat dan mengunjungi kembali halaman yang menarik menurut kamu. Kelebihan lainnya Bookmark Online ini bisa kamu buka kapan saja dan dimana saja saat kamu online.Coba kalo halaman website yang kita punya di catat di kertas atau di Bookmark di browser. Tentunya tidak portable bukan. Website sejenis yang menawarkan feature yang sama adalah Digg.com, Stumbleupon, Yahoo Del.icio.us.

Konfigurasi Cachemgr di proxy server FreeBSD

Gambar
Hari ini, ada hal baru yang saya lakukan, mensetting cachemgr di proxy server freeBSD. Mampus dah!. Soalnya mesin proxy ini mesin proxy warnet, bukan mesin lab atau kepunyaan pribadi. Apalagi pada warnet yang notabenenya adalah sistem produksi yang sedang berjalan. wuih. Sebenarnya bukan kali pertama saya "bermain-main" dengan freeBSD, Namun ini beda kasus, makanya deg-degan juga saat setting. Kalo salah setting, bisa bisa proxy server jadi rewel.

Pembukanya udah segitu dulu aja. Langsung aja kita ketopik. Apa itu cachemgr. Cachemgr adalah file CGI bawaan dari squid yang dipakai untuk melakukan monitoring server berbasis web. Jika anda menginstal binary atau source dari squid, cachemgr.cgi ini sudah ada, namun belum terinstall. Nah untuk menginstallnya butuh webserver, Untuk instalasinya menurut artikel yang saya baca sih tinggal kopikan file cachemgr.cgi ke /cgi-bin/ webserver. Kalo untuk mengkopi sih gampang, tapi webservernya sendiri belum ada di server. Akhirnya down…

Membaca Memori HP LG KG200 di Slackware Linux

Gambar
setelah membeli HP LG KG200 langsung hp saya koneksikan ke windowsXP dan Alamdulillah langsung kedetect. Tapi namanya juga windows itu sih halyang biasa. Enaknya KG200 baik memori internal maupun memori microSD terdeteksi dua duanya tanpa harus memakai Card reader.setelah copy beberapa mp3 dan file video ke memori card dan install beberapaprogram java seperti mig33, Opera mini dan jtetris, saya mencoba mengkoneksikan HP ini ke Linux Slackware 12.1 dan BINGO! ternyata Kemampuan slackware linux tidak kalah dengan XP, baik memori microSD dan memori internal HP langsung  terdeteksi. 
berikut ini adalah potongan pesan dmesg
dengan perintah 
#dmesg|tail -20

sd 2:0:0:0: [sda] 1000448 512-byte hardware sectors (512 MB)
sd 2:0:0:0: [sda] Write Protect is off
sd 2:0:0:0: [sda] Mode Sense: 03 00 00 00
sd 2:0:0:0: [sda] Assuming drive cache: write through
 sda:
sd 2:0:0:0: [sda] Attached SCSI removable disk
scsi 2:0:0:1: Direct-Access 7311 FLASH DISK 7311 PQ: 0 ANSI: 0 CCS
sd 2:0:0:1: [sdb] 12…

Knetwalk Game untuk administrator

Gambar
jika anda soerang administrator jaringan atau anda sedang belajar jaringan,coba saja game ini. Game Knetwalk merupakan salah satu game bawaan KDE versi 3.5.9 dibawah paket kdegames. jika di sistem anda belum terinsall, unduh saja dari website KDE .

Game ini adalah game untuk administrator jaringan dimanasang administrator di suruh merangkai jaringan dengan kabel kaoaksial untuk menghubungkan semua komputer didalam LAN sampai semua komputer terkoneksi, Game ini terbagi menjadi empat level; novice,normal,expert dan master. makin tinggi levelnya makin compleks konfigurasi jaringannya, hal ini ditandai dengan makin banyaknya komputer yang harus anda koneksikan kedalam jaringan yang anda bangun.

tertarik, silahkan mencoba sendiri...
berikut ini adalah tampilan knettalk di awal permainan dan saat game ini terselesaikan

Distro Linux Indonesia

Gambar
Selain Etix, sebenarnya banyak distro lokal yang dikembangkan oleh para linuxer di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Kuliax, Singkong linux, dan BlankOn. Sebagai bentuk penghargaan terhadap sesama pengembang distro, akan dibahas bebarapa distro lokal yang bisa anda cicipi atau bisa anda pake. Karena banyak dari distro ini yang kemunculannya cuma sebentar dan terus "mati" maka hanya distro yang statusnya masih di support dan di kembangkan saja yang akan dibahas.

Singkong Linux

[wp_caption id="" align="alignnone" width="400" caption="Tampilan Desktop Singkong Linux"][/wp_caption]

Singkong Linux adalah distro turunan dari Slackware yang di kembangkan oleh sdr Noprianto. Distro ini membawa xfce sebagai desktop default dengan sederet aplikasi Desktop diantaranya Abiword, gnumeric, Mplayer,GIMP dan aplikasi database seperti postgreSQL, MySQL dan sqllite.

Feature lain yang tidak ada di distro induknya diantaranya xCHM(ebook reader), Xmame( g…

Ester egg Firefox 3

Gambar
Tahukah anda, Addres bar di firefox bukan hanya dipakai untuk mengetikan alamat website yang ingin kita kunjungi, namun di balik itu semua terdapat feature yang cukup menarik. Feature ini merupakan feature tersembunyi dimana sedikit orang yang tahu keberadaannya

Semua feature ini bisa diakses dengan protokol internal "about: " dimana protokol ini mempunyai beberapa kata kunci yang bisa kita pakai untuk mengubah setting, melihat configurasi dan lain lain, mari kita liat satu persatu, apa saja fungsi dari about ini.

Melihat /mengedit Konfigurasi
Anda bisa mengedit atau melihat konfigurasi firefox hanya dengan mengetikan about:config, ada puluhan setting yang bisa diubah disini. sebenarnya ini adalah bentuk lain dari menu tool->options, namun lebih komplit dan lebih kompleks. biasanya about:config dipakai untuk "hacking" firefox sehingga performa nya menjadi lebih baik atau lebih personalize

Melihat Isi folder cache
Seperti yang anda tahu, bahwa setiap browser menyi…