PIM Ideal

Pendahuluan
Bicara tentang informasi pribadi,kita pasti akan tertuju pada jadwal,calendar,kegiatan dan sejenisnya dan tool yang sering disebut PIM..namun disini saya tidak akan membahas tentang PIM itu sendiri.Saya ingin membahasa Software yang digunakan untuk mengatur informasi pribadi seseorang,terutama bagi saya sendiri.

Saya sudah mencoba berbagai macam PIM yang ada.misal di windows ada OutLook yang super lengkap.atau PIM di KDE ataupun tool tool kecil yang berjalan di konsole seperti when(1) dan beberapa tool terpisah di linux.Kesimpulan saya.software –software tersebut tidak cocok untuk kebutuhan saya.Apakah software tersebut tidak berkualitas?tidak juga .justru sebaliknya.software tersebut adalah software yang sangat berkualitas dan sangat lengkap.Namun di balik semua itu ada satu hal yang tidak saya suka.Kompleksitas.Hal inilah yang memacu saya untuk mencari software yang bisa dipakai oleh saya sendiri dan bisa memenuhi kebutuhan saya pribadi.Oh iya saya juga pernah menggunakan yang berbasis web,dimana contact,email,catatan,briefcase dan sejenisnya menjadi satu yaitu My Yahoo! Dan My Google..ada 2 hal yang saya tidak suka dari layanan tersebut yaitu IKLAN yang memperlambat koneksi dan *harus online* itu lho yang bikin saya males.

PIM Ideal.
Ya langsung saja terus bagaimana sih PIM yang ideal menurut saya,berikut ini syarat syaratnya:
1.KISS [keep it simple,stupid]
Sebenarnya ini lebih tepat untuk pengembangan software.Istilah ini saya pinjam dari pengembang Cornelios.tapi karena saya suka hal yang ringkas dan sederhana,maka hal in menjadi syarat utama disamping fungsionalitas tentunya.
2.Platform independent.
Kalau ngomongin plaftom independent.hanya ada dua—setahu saya—yaitu PIM ini dikembangkan dengan java atau berbasis web.namun karena java kompleks dan cukup lambat,walaupun sudah dioptimasi sana sini :-P.sepertinya web lebih cocok deh.ya kemungkinan yang paling cocok PHP sebagai bahasanya.namun PHP juga butuh backend database,wah ribet juga ya apa pilih VB aja ya?tapi nanti gak cross paltform.pusing deh.
3.Fitur lengkap.
Lengkap disini entunya menurut defini saya sendiri,lengkap disini artinya memili feature
1.Calendar
Calendar ini bisa dilengkapi event,task atau appointment. Dan alarm.
1.Email Client.
Ya ini juga udah termasuk contact tentunya.
1..Management Keuangan
2..Management waktu
3.Knowledge based
Ini mencakup apa yang saya baca,apa yang saya kerjakan dan apa yang saya tulis harus terdata disini.
1..Note &To do & bookmark
Ya ini feature wajib.harus ada.
1.Laporan
Laporan ini bisa berupa jadwal,keuangan,catatan dll dan flexible

Setelah saya coba-coba dan ternyata belum ada yang cocok sepertinya saya harus membuatnya sendiri,kemungkinan pakai PHP atau C++.Tapi ya saya cari dulu di internet,kalau dapet kan tidak usah buat iya gak?

Komentar

Pos populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page